Senin, 19 Oktober 2009

Kain Sarung Samarinda

Kain Sarung Samarinda adalah kain sarung indah karya asli anak bangsa dari daerah Kalimantan Timur. Motif kain sarung Samarinda memiliki corak unik dan sangat khas sehingga mampu menampilkan karakter orang-orang asli Samarinda. Pembuatan sarung samarinda adalah kain sarung tenun menggunakan alat tenun tradisional dan sederhana. Namun demikian, karya orisinil ini mampu menarik perhatian insan pecinta sarung di seluruh negeri, sehingga tidak heran begitu banyak orang Indonesia yang sangat mengenal keindahan kain sarung samarinda.


Produk kain sarung tenun ini juga menarik perhatian manca negara, terbukti dengan adanya pengiriman barang ke beberapa negara tetangga. Hal ini tentu saja membuat pelaku bisnis di sektor ini bersemangat untuk terus mengembangkan motif-motif kain sarung samarinda.

Untuk menyaksikan proses pembuatan sarung Samarinda, kunjungi sentra kerajinan sarung Samarinda di Jalan Bung Tomo, Kampung Baka, Samarinda Seberang, yang berjarak 8 km dari pusat kota. Hampir di setiap rumah di kawasan ini, para ibu dan wanita remaja terlihat sibuk menenun sarong atau kain Samarinda. Sarong tersebut dibuat dengan menggunakan peralatan tenun tradisional yang disebut gedokan atau ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).
Untuk sarung katun bermotif kotak sekitar Rp. 175.000,- dan untuk motif - Dayak, ditawarkan seharga Rp. 350.000,- per helai atau per set. Sementara, untuk yang terbuat dari sutra, harganya lebih mahal, bisa mencapai Rp. 1 juta atau lebih, tergantung dari ukurannya.

1 komentar:

  1. motif kain tiap daerahtuh beda2 yah,
    jadi keliatan asik kalau bisa ngoleksi semua

    BalasHapus